KILAS BALIK YAYASAN SAYAP SEHAT KARANGANYAR
Nama Sayap Sehat adalah kepanjangan dari Santunan Anak Yatim Piatu. Sayap Sehat pertama kali dirintis/dicetuskan oleh Bp. H. Thoha Rosyid pada tanggal 15 Mei 2000, dengan menyantuni 2 (dua) anak yatim/piatu.
Sayap Sehat mengelola dan mengkoordinir santunan beras dan amal shodaqoh lainnya dari para donatur/dermawan. Sumbangan/Shodaqoh tersebut diberikan kepada anak yatim/piatu/terlantar/dhuafa, di wilayah Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan.
Tahun 2006 yayasan sayap sehat sudah membuat badan hukum, berakta noratis : Bachtiar, SH Nomor : 13
Tanggal 12 Februari 2007 pengurus Sayap Sehat karanganyar mengesahkan akta pendirian Organisasi kepada menteri Hukum dan Ham sebagai yayasan dengan nama “ Yayasan Sayap Sehat Karanganyar ”, dengan membuat akta perubahan nomor : 6 yang kemudian mendapat surat keputusan Menteri hukum dan hak asazi manusia RI Nomor : C – 1191.HT.01.02 Th. 2007
Tahun 2008 berdirilah sebuah gedung sederhana untuk panti asuhan sekaligus kantor yayasan, pada Tahun 2008 akhir Yayasan Sayap Sehat Karanganyar mencanangkan penempatan hunian anak panti asuhan yang di resmikan oleh wakil bupati (Ir. Wahyu Pontjo Nugroho).
Awal Tahun 2010 Yayasan Sayap Sehat Karanganyar menyelenggarakan Khitanan massal piagam bupati Pekalongan dengan jumlah peserta 20 anak bertempat di sekretariat yayasan. 
Bulan Juli Tahun 2010 dan Bulan Agustus Tahun 2011 Yayasan Sayap Sehat Karanganyar telah mendapat bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia berupa dana subsidi pemenuhan kebutuhan dasar untuk anak yatim/ piatu panti asuhan sayap sehat.
Tahun 2011 Mengawali santunan rutin untuk orang – orang jompo di wilayah Kecamatan Kajen.
Bulan Januari Tahun 2012 Yayasan Sayap Sehat Karanganyar membuka cabang di Kota Pekalongan, dengan alamat sekretariat : Jl. Teuku umar No. 3 Pasirsari - Kota  Pekalongan Telp :  (0285) 411443  
Bulan Juli Tahun 2012 Mendapat bantuan tenaga bimbingan pelatihan KKN dari Universitas Pekalongan.
Bulan September Tahun 2011 dan Bulan September Tahun 2012 mendapatkan bantuan tenaga pengasuh dari jerman berupa relawan asing untuk membantu kegiatan sosial di yayasan.  
Tahun 2012 Yayasan Sayap Sehat Karanganyar Cabang Kota Pekalongan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI menyelenggarakan penyuluhan perwakafan.
Tahun 2013 Yayasan sayap Sehat Karanganyar menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini dengan nama Kelompok Bermain Ceria dan telah mendapat Ijin Penerimaan Siswa No : 421.102/ 1667.2/2013
Yayasan Sayap Sehat Karanganyar ber alamat di Jl. Karanganyar – Doro No. 144 Dukuh krajan II RT 02 / RW 03 Desa Legokkalong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan.
Adapun jumlah anak yatim/piatu yang tinggal di panti asuhan ada 10 anak yatim/piatu dan yang disantuni rutin setiap bulan ada 85 anak yatim/ piatu serta 10 orang jompo dhuafa.
Nomor Rekening Aktif Penerimaan Shodaqoh, antara lain :

1. BRI . Nomor Rekening : 5964-01-006502-53-6 Atas nama : Yayasan Sayap Sehat Karanganyar.
2. BRI. Nomor Rekening : 5964-01-008536-53-1 Atas nama : Panti Asuhan Sayap Sehat Karanganyar.
3. Bank Syariah Mandiri Nomor Rekening : 7056528304 Atas nama : Yayasan Sayap Sehat Karanganyar.
4. BTN. Nomor Rekening : 10909-01-57-000249-3 Atas nama : Yayasan Sayap Sehat Karanganyar.
5. BTM Surya Mentari Nomor Rekening : 5.01.00323 Atas nama : Yayasan Sayap Sehat Karanganyar.
6. Bank Jateng Nomor Rekening : 3-109-07396-1 Atas nama : Yayasan Sayap Sehat Karanganyar.
I.                   Permasalahan
Pertama : di Panti asuhan :
-     Para anak-anak yatim selalu bergantung kepada para donatur/dermawan.
-  Perhatian Pemerintah akan adanya hak anak yatim/piatu/terlantar/dhuafa masih kurang maksimal dengan kenyataan untuk tahun 2012 panti asuhan kami tidak mendapatkan bantuan subsidi panti.
-    Dengan di bentuknya Pengurus Yayasan Sayap Sehat Cabang Kota Pekalongan adalah untuk memperluas dakwah bilhal.
-      Kemampuan yayasan dalam menghidupi anak Panti Asuhan dan memberi santunan rutin setiap bulan sangatlah kecil dalam upayanya membantu meringankan beban ekonomi/ material untuk anak-anak yatim/piatu/terlantar/dhuafa, supaya benar-benar mendapatkan kecukupan pangan dan kehidupan yang layak.

Kedua: di Pos Pelayanan Santunan :
-          sudah ada 3 ( tiga ) tempat pelayanan santunan yang sudah berkegiatan dalam memberikan santunan rutin setiap bulan untuk anak-anak yatim / piatu / terlantar / dhuafa dan jompo.
-          Pada survei nyata banyak anak-anak yatim / piatu / terlantar / dhuafa dan jompo yang minta di santuni dan kami belum bisa melayani sepenuhnya.

Harapan :
Kami sangat membutuhkan bantuan &/ dukungan dari semua pihak untuk ikut mendukung penyelenggaraan kegiatan usaha kesejahteraan sosial seperti tersebut di atas.

Kegiatan:
1.    Memberi makan secara penuh kepada Anak yatim/piatu/terlantar/dhuafa yang ada/tinggal di asrama Panti Asuhan.
2.      Memberikan bimbingan akhlaq/ ketrampilan dan kegiatan keagamaan.
3.    Memberi santunan rutin setiap bulan kepada anak-anak yatim/piatu/terlantar/dhuafa dan, berupa beras sebayak 5 (lima) Kg dan lain-lain per anak yatim/piatu.
4.      Memberi santunan rutin setiap bulan kepada orang - orang jompo dhuafa, berupa beras sebayak 5 (lima) Kg per orang jompo
5.      Menyampaikan titipan pemberian/ amanah dari para dermawan berupa barang yang bermanfaat, seperti : Sembako, Seragam sekolah, Pakain (pantas pakai), Alat tulis, Mie instant, Makanan ringan, dll
6.      Merealisasikan program pengadaan dan pengelolaan air bersih untuk kemaslahatan umat, dengan harapan dari hasil pengelolaan air bersih dapat mencukupi kebutuhan hidup dan dapat meningkatkan kesejahteraan anak - anak yatim/piatu/terlantar/dhuafa dan orang – orang jompo dhuafa.